Saturday, April 16, 2016

Kenapa Driver lama yang tidak support dengan Windows 10

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10http://www.tenforums.com/geek/gars/images/2/types/thumb_Windows-10.png 



Mungkin anda pernah mengalami ketika Driver pada laptop maupun komputer anda yang terinstall sistem operasi windows lama anda baik Windows 7 maupun Windows 8 yang bermigrasi menjadi Windows 10 tidak compatible atau cocok dengan baik hingga muncul peringatan error. Error tersebut bisa terjadi pada Driver VGA yang berakibat resolusi layar pada Windows 10 menjadi maksimum 1024 x 768 maupun Driver sound (suara) yang berakibat suara tidak keluar dan driver lain nya.



Hal itu terjadi karena .Net Framework yang digunakan pada driver lama menggunakan .Net Framework 3.5 sedangkan Windows 10 hanya menginstall .Net Framework 4 saja secara default .NET Framework adalah kumpulan system library yang dibutuhkan beberapa aplikasi Windows. Tanpa adanya .NET Framework, aplikasi di Windows tidak bisa dijalankan dan akan menyebabkan error.

Sebenarnya, .NET Framework 3.5 sudah ada didalam file ISO Windows 10 yang kalian gunakan untuk install, tinggal kalian install saja lewat file ISO tersebut. Kalian bisa lihat caranya dibawah ini.

Sebelum mulai menginstall, kalian pastikan memiliki persyaratan dibawah :

- File ISO Windows 10 yang kalian gunakan untuk install, pastikan kalian menggunakan file ISO yang sama dengan Build Number yang sama & Arsitektur bit yang sama ( maksudnya jangan gunakan file ISO Windows 10 x86  untuk menginstall .NET Framework 3.5 di Windows 10 64-bit ! ).

- Sangat disarankan untuk menginstall .NET Framework 3.5 di Windows 10 dalam keadaan masih fresh install. Artinya, Windows 10 tersebut belum diinstall update sama sekali.

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10

1. Mount file ISO Windows 10 dengan Daemon Tools atau masukkan DVD file ISO Windows 10 kedalam PC kalian.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10

2. Buka Command Prompt dan jalankan sebagai Administrator, setelah itu pada CMD kalian ketik perintah dibawah ini :
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs /LimitAccess
Perhatikan drive letter D yang saya beri warna merah, drive letter tersebut menunjukan lokasi tempat disk drive kalian ( DVD-ROM atau Virtual DVD-ROM ). Driver Letter bisa berbeda-beda, jadi kalian sesuaikan saja.

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10

 3. Jika sudah selesai maka akan muncul pesan dibawah ini.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 
4. Bagaimana ? Mudah bukan install .NET Framework 3.5 Offline di Windows 10 ? sekarang kalian bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan .NET Framework 3.5 :)

Atau bisa juga menggunakan cara mudah lain nya yaitu dengan download file install NET 3.5 via dism berikut, extract file ZIP tersebut ke Desktop, klik kanan dan pilih Run as administrator.
run as administrator



CMD tersebut akan menginstall .NET Framework 3.5 secara otomatis setelah menemukannya setelah memasukkan kalian Windows 10 DVD, atau double click pada ISO image Windows 10, atau masukkan ISO image Windows 10 pada flashdisk kalian dengan menggunakan aplikasi Rufus - Create bootable USB drives the easy way seperti gambar berikut :

[rufus screenshot]

 Sekian pembahasan yang bisa saya berikan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


No comments: