Saturday, April 16, 2016

APA itu AGP dan PCI pada VGA Card

Dalam membeli sebuah komputer, komponen utama dalam pemrosesan gambar ataupun grafis yaitu VGA Card yang terdiri dari 4 (empat) slot yang berbeda yaitu :

http://www.srgclub.org/images/card-diagrams.jpg




ada 4 jenis slot berbeda, kegunaan masing2 adalah : 

  • PCI-E X16 : Slot untuk VGA Card yang ada di motherboard baru mulai digunakan secara luas saat motherboard dengan prosesor LGA 775 [P4 dan celeron]. sampai sekarang slot VGA ini masih digunakan.
  • AGP : Slot VGA Card yang digunakan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka.
  • PCI : Slot PCI merupakan slot yang bisa dibilang multi fungsi karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA [sudah sangat jarang], ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.
  • PCI-E X1 : sama seperti slot PCI kegunaannya sangat banyak namun belom banyak yang menggunakan slot ini.

a) VGA

VGA adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur jalannya tampilan keluar komputer berbentuk gambar dan video ke media berbasis grafis seperti monitor dan LCD. Bentuk VGA adalah sebuah kartu circuit ( PCB) dan mempunyai slot yang terdiri atas beberapa pin. Penempatan kartu VGA adalah pada motherboard pada slot AGP atau PCI. VGA ada juga yang tidak berjenis kartu, karena bersifat on board yang merupakan bawaan pabrik motherboard. VGA card memiliki kapasitas memori tersendiri untuk kebutuhan proses penanganan grafis. Semakin besar kapasitas memorinya akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Pada VGA on board kebutuhan memorinya diambil dari memori RAM. Selain itu, proses penanganan grafisnya di bebankan pada prosesor. Sedangkan pada VGA card memori RAM tidak akan berkurang dan beban prosesor akan berkurang.

b) AGP Port

AGP adalah singkatan dari Accelerated Graphics Port yang berguna untuk menyalurkan data dari kartu grafis ke prosesor tanpa melalui memori utama. Hal itu akan mempercepat proses pengolahan data yang berbasis pada grafis. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI.
Dalam sebuah sistem hanya ada satu slot saja. Sekarang AGP sudah mulai ditinggalkan karena kecepatannya
kalah bila dibandingkan dengan PCI Express.

c) PCI Express Port

PCI Express (PCI-E /PCIex) adalah slot ekspansi module yang didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama. PCI Express memiliki kecepatan VGA yang relatif jauh lebih cepat dibandingkan VGA dengan interface AGP, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali ( tulis/baca) dalam satu rute clock. PCI Express merupakan interface VGA masa kini.
Cara membedakan VGA AGP dan PCI Express ( PCIex ) merupakan VGA eksternal yang berbeda, dari segi kualitas maupun fisik keduanya berbeda. AGP memiliki 2 macam type yaitu AGP 4x dan 8x, Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, sedangkan PCI Express juga mempunyai 2 type yaitu PCIex 1.0 dan PCIex 2.0. Kemampuan yang dimiliki PCI express adalah 2 kali lipat dari kemampuan AGP 8x, maka Disebut dengan PCIex 16x – 1.0 atau PCIex 16x – 2.0.
Tapi kini keberadaan VGA AGP sudah mulai jarang karena produksinya sudah dihentikan, Banyak toko yang menjual AGP lebih mahal dari PCIex. Bilamana anda ingin membeli sebuah VGA untuk keperluan anda sebaiknya harus mengetahui perbedaan keduanya secara fisik. Bila tidak maka kemungkinan anda akan salah dalam memilih jenis VGA, apakah yang anda gunakan VGA AGP atau PCI Express ( PCIex ). Anda harus membeli sesuai dengan dukungan dari motherboard anda, bila anda mempunyai buku manual motherboardNya sebaiknya anda membaca dan lihat apakah motherboard anda mendukung Slot VGA AGP atau PCI Express atau PCIex.
Bila tidak anda harus secara langsung membongkar PC anda dan lihat slotnya.Biasanya juga tertulis di papan motherboard jenis apa yang digunakan :

http://www.desktopforgaming.com/wp-content/uploads/2013/01/pci-agp-pci-express-slots.gif

 Adapun Ciri-Ciri yang dimiliki oleh slot VGA AGP adalah :

  • Bentuknya lebar dan pendek,
  • Pembatasnya berada ditengah
  • Warna slot tergantung dengan merek motherboar bisa coklat, merah ataupun yang lainnya.
  • Sedangkan Ciri-ciri VGA PCI Express ( PCIex ) yaitu :
  • Bentuknya lebih panjang sekitar 8-10cm
  • Pemisahnya hanya 1-2cm dari sebelah kiri.
  • Warnanya juga relatif.

Karakteristik yang dimiliki oleh slot AGP VGA adalah:
* Bentuknya yang lebar dan pendek,
* Pembatasnya dipusatkan
* Warna slot tergantung pada merek dapat motherboar coklat, merah atau lainnya.
Sedangkan karakteristik dari PCI Express VGA (PCIex), yaitu:
* Bentuk lebih panjang sekitar 8-10cm
* Pemisahnya hanya 1-2cm dari kiri.
* Warna ini juga relatif.

Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI Express
 Kecepatan          Max
PCI-ex 1x        250 MB/s
PCI-ex 2x        500 MB/s
PCI-ex 4x        1000 MB/
sPCI-ex 8x      2000 MB/s
PCI-ex 16x     4000 MB/s
PCI-ex 32x     8000 MB/s

No comments: